Rawalumaili

panggilan bu guru sudah melekat di jiwa raga, semoga bisa menebarkan kebaikan demi tabungan akhirat. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Google Form Solusi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi
Soal IPS dan Kuis dalam Aplikasi Google Form

Google Form Solusi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

Dengan merebaknya virus corona membuat kehidupan sosial berubah,termasuk di bidang pendidikan. Metode pembelajaran biasanya dilakukan dengan metode konvensional, yaitu tatap muka di kelas antara siswa dengan guru baik bentuk diskusi, tanya jawab dan bimbingan. Namun sekarang berubah menjadi metode belajar dalam jaringan. Sebagai seorang guru dalam kondisi seperti ini tentu harus cepat tanggap dalam menyikapi himbauan pemerintah agar pembelajaran bisa dilakukan di rumah secara online dengan memanfaatkan teknologi digital.

Perubahan yang terjadi dengan mengunakan metode daring sangat terasa pengaruhnya pada berbagai pihak. Bagi tenaga pendidik yang masih dikatakan muda tentu tidak begitu mengalami kesulitan yang berarti dalam mengunakan metode daring karena mereka hidup dan tumbuh pada era digital. Bagaimana dengan mereka yang sudah tergolong tua, tentu segera menyesuaikan diri terhadap perubahan ini.

Dalam pembelajaran daring, penulis akan berbagi pengalaman di tempat tugas. Ketika itu, kurang lebih dua bulan yang lalu siswa kelas IX telah selesai melaksanakan Ujian Akhir Madrasah ( UAM ) seminggu setelah itu rencananya akan diadakan Ujian Akhir Sekolah ( UAS ) namun keburu libur karena wabah covid 19. Agar pelaksanaan ujiannya berlanjut maka diadakan dari rumah secara online, awalnya soal ujian yang akan diuji berbentuk kertas, lalu dengan kesepakatan bersama kepala madrasah dan wakil kurikulum bahwa soal yang akan diuji, diganti berbentuk soal online (daring) yang penulis buat dengan memanfaatkan aplikasi google form. Sengaja penulis memilih mengunakan google form ini untuk membuat soal Ujian Akhir Sekolah ( UAS ) karena sangat mudah mengunakannya. Dan salah satu soal yang telah selesai penulis buat ( soal IPS ) kemudian link soal ujian tersebut di share melalui grup WA kelas, yang kebetulan penulis mengampu mata pelajaran IPS.

Google form merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh google secara gratis, dan mengunakan aplikasi ini pastikan sudah memiliki akun google mail dan gmail. Penulis memanfaatkan aplikasi ini bukan hanya digunkan untuk membuat soal ujian akhir saja, namun sebelum pelaksanaan ujian online ini, penulis juga sudah memberikan soal kuis melalui google form pada siswa

Tujuan penulis memberikan soal kuis ini merupakan salah satu simulasi pada siswa agar mereka terbiasa membuka link google form karena mereka telah memiliki akun gmailnya, sebab bagi responden atau siswa yang akan menjawab soal melalui google form harus masuk ke akun gmail terlebih dahulu. Dan ternyata pembelajaran daring yang penulis tujukan pada siswa kelas IX melalui kuis beberapa kali dengan mengunakan aplikasi google form ini sangat membantu mereka dalam pelaksanaan ujian akhir sekolah. Dan saat berlangsungnya ujian online, dari seluruh siswa yang berjumlah kurang lebih 250 orang, hanya beberapa orang yang mengalami kendala dalam menjawab soal dengan mengunakan google form ini.

Memanfaatkan Pembelajaran daring dapat memudahkan siswa karena tidak terikat pada waktu dan tempat dalam pelaksanaannya, namun karena sistem ini mengunakan perangkat teknologi tidak semua siswa dapat mengaksesnya karena masalah jaringan ataupun kondisi ekonomi orang tua mereka yang kurang mampu untuk membeli handphone ataupun paket internet.

Bagi seorang guru pelaksanaan metode pembelajaran daring ini tentu merupakan hal yang baru maka untuk itu guru harus selalu memotivasi diri mencari berbagai sumber ilmu terutama yang berkaitan dengan ilmu teknologi yang sangat dibutuhkan agar proses pembelajaran di rumah tetap berjalan lancar dengan memanfaatkan ilmu teknologi tersebut diantaranya dari youtube, google, internet, media sosial dan lainnya.

Biodata Penulis.

Nama penulis, Rawalu Maili, S.Ag,di tempat tugas, penulis lebih sering dipanggil ibu Rawalu atau ibu RW. Penulis lahir di Maninjau,Kab. Agam, tepatnya pada tgl 17 Mei 1971,berprofesi sebagai guru mata pelajaran IPS dan Alquran Hadits pada MTsN 2 Solok, Sumbar. Kontak email. [email protected]. Dengan No WA.081363231382 dan alamat medsos FB. Rawalu Maili serta IG, Elly Rawalu

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga tulisannya mnjadi juara Bu..Aamiin

05 Jun
Balas

amin..makasih bu Riful

06 Jun

Mantab bu...membuat kuis dengan google form

03 Jun
Balas

alhamdulillah..makasih bu catur ratna

06 Jun

Mantap ibu, naskah lomba bulan Juni, wah keren, saya menjagokannya untuk lolos. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

03 Jun
Balas

amin..makasih pak Mulya atas supportnya

06 Jun

Wow kereeeen bu.

03 Jun
Balas

makasih bunda..

06 Jun

Mantap uni cantiik...Semoga masuk nominasi...Salam...

03 Jun
Balas

amin ya Allah..makasih buk guru cantik

06 Jun

keren habis bu...memanfaatkan fasilitas google form utk ulangan..keren deh..lanjutkan

03 Jun
Balas

makasih pak eko atas supportnya. salam hormat

06 Jun

Terjawab tema yg diminta ......Semoga masuk nominasi.......

03 Jun
Balas

amin..makasih bu KD atas doanya

06 Jun

Keren te' lie, semoga tulisan etekku menjadi yang terbaik. Sukses selalu te' lie. Salam santun

07 Jun
Balas

Amin ya Allah, makasih ats doa terbaiknya che, slm kbali

07 Jun

Makasih buk. Semoga nanti saya juga bisa melakukan hal yang sama dengan ibuk..dalam menghadapi ujian smt dua ini

03 Jun
Balas

alhamdulillah..semangat terus ya buk guru, slm

06 Jun

Mantap buk ely, luar biasa.

03 Jun
Balas

makasih bu firda

06 Jun

Kereen un, siap utk lomba bln inii

03 Jun
Balas

insya Allah...makasih yen

06 Jun

insya Allah saya coba paka google form bun....thanks ilmunya

11 Jun
Balas

Alhamdulillah...makasih bu ats kunjgnnya, semoga berhasil mengunakannya

12 Jun

Mantap Bu RW solusi belajar online di masa pandemi. Sukses terus...

03 Jun
Balas

iya..makasih bu yuliatri

06 Jun

Mantap uni....

03 Jun
Balas

makasih sas

06 Jun

Keren

03 Jun
Balas

makasih bunda Nur

06 Jun

Mantaap.....

03 Jun
Balas

makasih pak Pujarsono

06 Jun

Kerennn banget Bu....

03 Jun
Balas

terimakasih bu Ima

06 Jun

Kerennn banget Bu....

03 Jun
Balas

Mantap bu, kami baru akan mencoba menggunakannya

03 Jun
Balas

oh iya pak Yusrin, tks atas kunjungannya

06 Jun

Mantap un

03 Jun
Balas

makasih buk len

06 Jun

Uniku!Ingatkah dengan adikmu ini?Kita sama2 diklat LPJ, aku yg bikin uni ketakutan pakai mukena.Rindu sama uni....Salam dari Bengkalis RiauIcal

09 Jun
Balas

Masya Allah...rizal ?Ya ingatlah, cowok yg sangat usil sama uni nya..Hehe...

12 Jun



search

New Post